8 September 2025

PETA KONSEP INTEGRASI APLIKASI PERKANTORAN_TIK SMA Kelas X

 

Integrasi Aplikasi perkantoran TIK_X

1. PENGERTIAN

aplikasi perkantoran (office) adalah aplikasi atau perangkat lunak yang dirancang khusus untuk memudahkan pekerjaan perkantoran.

2. JENIS-JENIS Aplikasi perkantoran

a. Aplikasi pengolah Kata (Word processor), digunakan untuk membuat dan mengolah dokumen misalnya, laporan, surat menyurat, dan lain-lain. Contoh Aplikasi ini adalah Microsoft Word, open office Word, Google Doc.

b. Aplikasi Pengolah angka/lembar kerja (Spreadsheet), digunakan untuk mengelola data berupa angka yang disajikan dalam bentuk lembar kerja, yaitu tabel. contoh aplikasi ini adalah Microsoft Excel, Open Office Spreadsheet, Google Sheet. dll

c. Aplikasi Pembuat presentasi(Slide), digunakan untuk memudahkan kita membuat slide dengan mudah dan menarik ketika kita presentasi atau berbicara didepan. contoh aplikasi ini adalah Microsoft Power point, Google slide. dan lain-lain.

3. INTEGRASI APLIKASI PERKANTORAN

mengintegrasikan berarti menyatuklan beberapa objek, data atau komponen untuk membentuk sesuatu yang utuh dan bermakna, Integrasi juga memungkinkan mengaitkan data maupun fitur antaraplikasi.

Cara untuk mengintegrasikan beberapa aplikasi adalah

a. Teknik copy-paste atau Cut-paste 

Copy Paste adalah perintah untuk menggandakan atau memperbanyak dan menempelkan.

Sedangkan Cut Paste adalah perintah untuk memindahkan suatu data, dan menempelkan.

b. Fitur integrasi Konten di Aplikasi. Cara ini dilakukan dengan menggunakan fitur integrasi yang tersedia di aplikasi tersebut. Seperti ada fitur di Microsoft Word untuk menampilkan Ms. Excel.

c. Teknik Object Linking dan Embeding. Tombol Link digunakan untuk menyisipkan ke aplikasi yang lain. dengan mengklik kata / objek yang digunakan sebagai link maka akan terhubung ke aplikasi yang lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar